Senin, 07 Maret 2011

BELAJAR VB YukSS!!! ( PART I )

MARI BELAJAR........

Awalnya saat belajar VB, aku berfikir susah g ea???karena itu mata kuliah yang ada disemester 4, maklum aq yg blum tertarik dngan program apapun sejak semester I,ternyata aq mulai tertarik dengan Vb, karena saat aku blajar Java jujur agak rumit....**Peace....^^

Saat Awal, yang aq suka, VB bnyak otomatisasi, klik double button, event/action akan langsng muncul,coding nya juga tidak terllu rumit untuk pemula seperti aq....(**Karena masih awal kali ea.....^^), kebetulan juga ada banyak sumber yang bisa di tanya soal coding (**Punya bukunya tapi g ngerti bahasanya jadi mending nanya.....heheeh,.....^^).

Software yang dipakek Visual Studio 2008, g terllu berat k, installnya juga gampang.
Nah, ini tampilan awal Visual Studio 2008 saat kita buka,



ini tampilan awal saat kita ingin buat File Project baru, Open VS 2008 Klik File kemudian New project.



Sebagai contoh, buatlah desain form yang seperti ini, maklum sama - sama awal ea....jadi kita blajar bersama,



Nah disitu kita bisa liat keterangan nama2 bagian dalam form, gampang k liat aja di Toolbox, caranya mudah tinggal drag ke form jadi dech.

Untuk selanjutnya ketik coding seperti ini,



untuk kolom deklarasi itu berisi variable apa aja yang akan kita pakai, nah untuk pengisian action tinggal double clik pada objek.untuk coding pada button 1 :
If TextBox1.Text = "TI" Then
TextBox2.Text = "Teknik informatika"
Else
If TextBox1.Text = "SI" Then
TextBox2.Text = "Sistem informasi"
End If

Perintah diatas menjelaskan isi pada textbox1 jika diisi "TI" maka pada textbox2 akan muncul "Teknik Informatika" sama halnya dengan "SI".
untuk selanjutnya :



Pada coding ini adalah action/event pada textbox, jadi event yang diberikan adalah keypress, saat kita pindah textbox ke textbox lainya. Pada Coding :

Sub pros3()
ListBox1.Items.Add(TextBox3.Text + " " + TextBox4.Text + " " + TextBox5.Text + " " + TextBox6.Text + " " + TextBox7.Text)
End Sub


adalah penggabungan isi pada textbox menjadi satu dan diletakkan pada Listbox,jadi item pada masing2 textbox di add/pindah/ambil ke listbox dengan urutan yang kita inginkan.

Nah ini dia hasilnya :



Tekan Button Proses 2 untuk hasil dan Proses 3 untuk tampilan listbox.

Oh iya hampir lupa, klo mo rubah nama, warna dan yang lainya pada textbox, listbox, button, atau yang lain liat di pojok kanan bawah aja, disitu ada propertise untuk masing - masing objek.

Dikarenakan ini adalah rangkuman kuliah jadi mohon maaf klo ada yang kurang, penulis akan sangat senang jika ada yang mo share kurang lebihnya, kan sama2 belajar, ilmu tak ada batasnya kan??....jadi jangan sungkan2 buat kritiknya ea.....

Terus Semangat!!.......^_^

1 komentar: